Program Studi D-IV Klimatologi merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran vokasi bagi taruna jenjang diploma IV di bidang klimatologi dan kualitas udara. Program studi ini berdiri sejak tahun 2012 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 24/E/O/2012 tanggal 20 Januari 2012. Pada tahun 2013, dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang klimatologi dan tuntutan pelayanan jasa di bidang Klimatologi, pimpinan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, berupaya meningkatkan jenjang Program Studi dari Diploma III menjadi Program Diploma IV/Sarjana Sains Terapan, yaitu ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2013 tanggal 12 Juni 2013 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi D-IV Klimatologi pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

STMKG di dalam penyusunan kurikulum dan silabus telah berpedoman pada ketentuan-ketentuan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berlaku di Indonesia dan sebagai bagian dari masyarakat dunia telah melaksanakan ketentuan-ketentuan pembelajaran pendidikan tinggi-MKG dari World Meteorologi Organization (WMO), yaitu ketentuan-ketentuan substansi kurikulum meteorologi dan hidrologi sebagaimana dimaksud dalam Surat Sekretaris Jenderal WMO) Nomor ETR/BIP-M tanggal 21 Januari 2015 tentang Compliance of meteorology courses offered by universities and training centres with the Basic Instruction Package-Meteorology yang ditujukan kepada Permanent Representative  Indonesia (Kepala-BMKG) dengan pokok surat Standardisasi Pendidikan dan Pelatihan Meteorologi dari Badan Meteorologi Dunia (WMO) berdasarkan dokumen 1083 WMO tahun 2012.

Program Studi Diploma-IV Klimotologi menjalankan Tridharma perguruan tinggi di bidang meteorologi untuk menghasilkan lulusan aparatur sipil negara yang berkualitas sebagai sumber daya manusia bagi BMKG. Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Klimatologi berikatan dinas dengan BMKG. Program Studi Diploma-IV Klimatologi didukung oleh dosen-dosen yang memiliki kompetensi di bidang klimatologi dan berpengalaman, peralatan praktikum yang lengkap, laboratorium yang memadai, peralatan serta fasilitas belajar-mengajar yang sangat menunjang.